oleh

HPN 2023 Dewan Penasehat PWRI Metro  Ajak Insan Pers Perbaiki Mutu Jurnalis

Buktiinvestigasi.com (Metro Lampung) – Dewan penasehat PWRI Kota Metro, Samidi yang sapaan akrabnya sering dipanggil Bang Wendy. “Bang Wendy mengajak insan pers terutama yang tergabung di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI), Kota Metro melalui pesan tertulisnya, Senin 6 Pebruari 2023 disela-sela keberangkatan perwakilan dari PWRI Kota Metro Ke-Medan Sumatera Utara. Dalam rangka mengikuti rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN).

Samidi berharap, Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 ini kita jadikan momentum bagi industri pers Nasional dalam menghasilkan karya jurnalistik, yang mengedukasi dan lebih meningkatkan lagi kualitas insan pers, serta memperbaiki mutu karaya tulisan seorang jurnalisme. Yang disesuaikan dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) lebih dipahami serta ditingkatkan lagi penerapannya tentang tanda baca yang benar,” Harapnya.

Menurut Samidi, produk dari wartawan itu tidak bisa dipungkiri adalah pemberitaan, industri pers Nasional memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui karya jurnalistik yang baik dan benar,” kata Samidi.

Selain itu, insan pers juga dituntut untuk memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme. Mari kita jadikan momentum Hari Pers Nasional HPN 2023 ini untuk berbenah, mengevaluasi yang berawal dari Sumber Daya Manusia (SDM). ” Kerja pers harus lebih teliti dalam mengimplementasikan, memonitor, mengevaluasi, dan mengembangkan sistem pengelolaan sumber daya manusia. Menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang berkarakter dan bermartabat, insan pers Indonesia harus memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme, mengingat media adalah ekselerator perubahan dan juga pilar demokrasi,” Jelas Bang Wendy.

“Momentum HPN kita jadikan untuk memperbaiki kualitas jurnalisme di tanah air, di tengah persaingan ketat membanjirnya perusahaan media online. Ini menjadi tantangan bagi kita semua di tengah membanjirnya perusahaan media online di Indonesia. Jangan terjebak pada jurnalisme yang lepas kontrol, yang hanya mengejar viewer dengan mengabaikan kualitas informasi yang disajikan. Hindari membuat judul yang sensasional tanpa cover both side, sehingga bisa menyesatkan publik,” Pesan Bang Wendy.

“Pers ini memiliki peran strategis untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Peran pers yang strategis ini harus kita jaga bersama marwahnya. Pers Indonesia harus menjadi garda terdepan untuk menyuarakan pesan-pesan pembangunan, selaku kontor. Pers harus selalu menyampaikan informasi yang obyektif dan membangun serta mengedukasi masyarakat. Pers bebas demokrasi bermartabat,” Pungkas Bang Wendy.

Penulis: Samidi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed