oleh

Kepala kampung Ringin Sari Habiskan Ratusan Juta Dana Desa, Saat di Konfirmasi Wartawan Tidak Paham Posnya

Buktiinvestigasi.com (Tulang Bawang Lampung) – Kepala Kampung Ringin Sari, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang diduga habiskan dana ratusan juta untuk penjagaan pos. Penjagaan pos tersebut merupakan kegiatan dari Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan.

saat dikonfirmasi oleh awak media, terkait penjagaan pos yang menghabiskan dana ratusan juta rupiah, Kepala Kampung Ringin Sari Supadi mengatakan bahwa dirinya tidak paham dengan pos – posnya, dan tidak paham apa saja kegiatannya.

“Pos – posnya itu apa saja dan untuk apa, kurang paham, karena yang mengerjakannya tidak saya sendiri, ada carik,”ucap Supadi saat di wawancarai wartawan,

Namun Supadi mengatakan bahwa kegiatan Penjagaan pos tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan terkait penanggulangan virus Covid-19.

“Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan itu termasuk penanggulangan Covid mas, seperti Penjagaan pos,”

Selanjutnya, Supadi mengatakan bahwa kegiatan tersebut hanya sebentar. “Kegiatan penjagaan pos itu ada cuman sebentar, penjagaan pos itu pendataan keluar masuk masyarakat, itu kalau pos Covid, bukan pos ronda,” katanya

Apabila dilihat berdasarkan data yang dihimpun awak media lintasmerahputih.com, bahwa ada tiga kali tahap pencairan dana untuk Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKM) di Tahun 2021.

Adapun tahapan penyaluran ditahap satu pada tanggal 11 Februari 2021 dengan penyaluran anggaran sebanyak Rp62.500.000 dengan realisasi Rp10.000.000. Sedangkan ditahap kedua pada tanggal 28 juni 2021 yaitu dengan penyaluran anggaran Rp63.000.000 dengan realisasi Rp53.550.000.

Selanjutnya pada tahap tiga yaitu penyaluran tanggal 4 November 2021 sejumlah Rp61.150.000 dengan realisasi Rp61.150.000. Apabila dijumlah dana penyaluran APBK Desa Ringin Sari Tahun 2021 dari tiga tahap penyaluran sebanyak Rp186.650.000, dan dengan total realisasi Rp124.700.000, sehingga sisa dana dari penyaluran yang telah direalisasikan masih sekitar Rp61.950.000.

Terkait jumlah tersebut, Kepala Kampung Ringin Sari belum dapat menjelaskan Detail dana tersebut untuk pos – pos apa saja, dan kegiatan apa saja. Pada saat ini awak media Buktiinvestigasi.com masih mencari informasi, terkait pengunaan dana rincian kegiatan untuk penjagaan pos yang menghabiskan dana hingga ratusan juta tersebut.

(Red/Akip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed